Pages

Sunday, September 11, 2011

MENCEGAH PECAH KETUBAN SEBELUM WAKTUNYA

Sebelum saya membicarakan tentang ketuban, mungkin masih ada yang agak bingung, apa sie ketuban itu? Ketuban adalah sebuh kantung berdinding tipis, seperti selaput, yang berisi cairan dan janin. Ketuban bisa pecah lebih awal disebut juga KPD ( Ketuban Pecah Dini ). KPD bisa terjadi sebelum usia kehamilan 37 minggu, sebelum pembukaan mulut rahim 4 cm, atau sebelum ada tanda-tanda kelahiran.


Bila pecah, cairan ketuban akan keluar secara tiba-tiba dari vagina dalam jumlah banyak, tidak terasa sakit, warnanya putih agak keruh, mirip air kelapa muda. Pada kasus yang terjadi pada saya, air ketuban yang keluar bewarna kehijauan, saat itu saya baru pembukaan 1. Menurut dokter, kemungkinan bayi dalam kandungan saya saat itu sudah pup, sehingga air ketubannya bewarna hijau. Dokter segera menyarankan saya untuk operasi caesar, karena dikuatirkan air ketuban akan masuk ke paru-paru bayi. Puji syukur,  akhirnya putri saya lahir dengan sehat dan selamat, meskipun bukan melalui persalinan secara normal.


Penyebab terjadinya KPD sendiri belum diketahui secara pasti, tapi sebagian besar terjadi karena infeksi kuman atau bakteri, sehingga dapat menyebabkan selaput ketuban menjadi tipis, lemah, dan mudah pecah.
Bila pecah ketuban ini terjadi pada istri, adik perempuan ,atau siapapun keluarga anda yang sedang hamil, segeralah mencari pertolongan ke dokter atau bidan anda, agar tidak terjadi komplikasi yang lebih berbahaya, misalnya kelahiran prematur, kondisi gawat janin, maupun oligohidramnion ( cairan ketuban kurang , atau bahkan habis ).

Ada beberapa tips untuk mencegah terjadinya pecah ketuban sebelum  waktunya. Tips ini saya ambil dari sebuah literatur, dan saya tulis kembali untuk anda, yaitu  :
  • Memeriksakan kehamilan secara teratur
  • Membiasakan hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, minum cukup, olah raga, dan tidak merokok.
  • Membersihkan daerah kemaluan dengan benar, yaitu dari depan ke belakang
  • Bila keputihan berbau atau berwarna tidak seperti biasanya, segeralah memeriksakan diri ke dokter
  • Berhenti berhubungan seksual bila ada indikasi yang menyebabkan ketuban pecah dini
  • Mengonsumsi 100 mg vitamin C secara teratur bila usia kehamilan lebih dari 20 minggu.

Mudah-mudahan dengan tips tersebut, ibu-ibu yang sedang hamil bisa terhindar dari bahaya KPD.

No comments:

Post a Comment