Pages

Friday, September 16, 2011

MENINGKATKAN KUALITAS KESUBURAN

Apakah Anda seseorang yang sedang menantikan hadirnya sang buah hati? Setelah beberapa lama menikah, terkadang ada pasangan yang mungkin agak sulit mendapatkan keturunan. Jika ya, mungkin postingan saya kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. 


Sulitnya mendapat keturunan tidak semata-mata ada masalah kesehatan pada si istri lho, terkadang gaya hidup seorang pria tanpa disadari dapat membuat keinginan memiliki momongan menjadi terhambat. Seorang calon ayah harus menata pola hidupnya menjadi lebih sehat, agar memiliki kualitas kesuburan yang baik.


Gaya hidup yang tidak sehat harus segera ditinggalkan jika Anda benar-benar serius untuk memiliki momongan. Hentikan kebiasaan merokok, minuman beralkohol, atau bahkan menggunakan narkotika . Hindari juga stres yang berkepanjangan, karena akan berpengaruh buruk pada sistem reproduksi. Untuk Anda yang suka berendam dengan air panas atau sauna, atau duduk berlama-lama di dalam kendaraan juga harus segera dihentikan. Suhu yang tinggi secara terus menerus dapat merusak sel-sel sperma, sehingga menurunkan produksi sperma.


Jika Anda tidak terlalu suka berolah raga, mungkin dari sekarang Anda harus rajin berolah raga secara teratur. Hal ini akan membuat peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk testis, menjadi lancar. Olah raga juga akan membuat stamina calon ayah menjadi meningkat, sehingga mendukung kualitas sperma agar pembuahan sukses.


Penuhi asupan gizi secara lengkap dan seimbang, dan kurangi konsumsi lemak. Jika kadar kolesterol Anda tinggi maka sirkulasi darah akan terhambat, termasuk ke testis. Hindari memakai pakaian dalam dan celana yang terlalu ketat, karena dapat menyebabkan suhu testis terlalu panas, sehingga melemahkan gerakan sperma. 


Dan terakhir, hindarilah lingkungan kerja yang tidak baik, seperti paparan radiasi, gelombang elektromagnetik, atau lingkungan kerja bersuhu tinggi.

No comments:

Post a Comment