Pages

Thursday, October 6, 2011

KHASIAT BUAH MERAH DARI PAPUA


Gambar Buah Merah
Buah Merah (Pandanus conoideus) merupakan tanaman yang asli tumbuh di dataran tinggi Papua. Pohonnya menyerupai pandan karena buah ini termasuk dalam keluarga pandan-pandanan, tingginya dapat mencapai 16 m. Bentuk buahnya lonjong, dengan panjang mencapai 55 cm, dan bobotnya berkisar 2 sampai 3 kg. Buahnya akan bewarna merah maroon terang saat matang. Buah ini dikonsumsi oleh masyarakat Papua secara turun temurun untuk meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. 


Berdasarkan penelitian seorang dosen di Universitas Cendrawasih, Drs. Made Budi, Msi.,buah merah mengandung karotenoid, bekaroten, alfa tokoferol, asam oleat, asam linoleat dan dekanoat, omega 3 dan omega 9 yang berperan sebagai anti radikal bebas pengendali berbagai penyakit. Buah merah juga mengandung banyak kalori untuk menambah energi, kalsium, serat, protein, vitamin B1, vitamin C, dan nialin.


Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan khasiat buah merah  diantaranya yaitu : 

Kanker dan Tumor
Kandungan senyawa tokoferol yang tinggi dalam buah merah yaitu mencapai 11.000 ppm, dan bekaroten 7.000 ppm berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mencegah semakin berkembangnya sel-sel kanker di dalam tubuh.


AIDS
Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit AIDS. Namun buah merah dengan kandungan bekaroten dan tokoferolnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dan memerangi virus penyebab AIDS.


Osteoporosis
Pengeroposan tulang salah satunya disebabkan karena kurangnya kalsium, sedangkan buah merah mengandung kalsium yang tinggi, yaitu 54.000 miligram kalsium dalam 100 gram buah merah.


Stroke dan Darah Tinggi
Senyawa Tokoferol dalam buah merah juga bermanfaat memperlancar sirkulasi darah, akibatnya kandungan oksigen di dalam darah akan normal, sehingga dapat menyembuhkan penyakit darah tinggi. Tekanan darah tinggi sendiri adalah salah satu penyebab terjadinya stroke.


Diabetes Mellitus (Kencing Manis)
Kelenjar pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah normal akan mengakibatkan kadar gula di dalam darah meningkat, dan menimbulkan penyakit Diabetes Mellitus. Senyawa tokoferol buah merah dapat memperbaiki kerja kelenjar pankreas menjadi normal kembali.


Selain penyakit-penyakit tersebut, buah merah juga dapat meningkatkan kecerdasan, menyembuhkan gangguan mata, ambein, hepatitis, paru-paru, magg akut, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment