Pages

Saturday, October 22, 2011

MAKANAN UNTUK KECERDASAN ANAK

Masih terkait dengan kecerdasan anak, postingan saya kali ini mengenai beberapa makanan yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak Anda. 


SALMON
Ikan salmon merupakan sumber omega 3-DHA dan EPA- yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Setiap 100 gr ikan salmon mengandung omega 3 sebanyak 2,2 gram. Sedangkan kebutuhan anak-anak akan omega 3 adalah 1,2 gram per hari.


TELUR
Bagian kuning telur mengandung kolin, yaitu suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat. Kandungan kolin dalam 1 butir telur berukuran besar adalah 126 mg, Anak-anak membutuhkan kolin 200-375 mg setiap harinya.


GANDUM
Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Otak membutuhkan sediaan glukosa dari tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.


SELAI KACANG
Kacang tanah mengandung vitamin E, yang merupakan sumber antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel-sel saraf. Selai kacang merupakan produk olahan dari kacang tanah yang mengandung 2,9 gram vitamin E setiap 2 sendok makan selai.


KACANG MERAH
Kacang adalah makanan yang dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak. Kacang merah mengandung ALA, jenis asal omega 3 yang penting bagi  pertumbuhan dan fungsi otak.


SAYURAN
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel dan bayam adalah sumber antioksidan yang membuat sel-sel otak sehat dan kuat.


SUSU DAN YOGHURT
Susu maupun produk olahannya mengandung protein dan vitamin B yang tinggi. Protein dan vitamin B penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim.






No comments:

Post a Comment