Pages

Friday, October 21, 2011

OSTEOPOROSIS


Osteoporosis adalah keadaan mengeroposnya tulang akibat kekurangan mineral dan vitamin, seperti kalsium dan vitamin D.


Tulang kita terus berubah-ubah, saat terjadi pembuatan tulang baru, tulang tua akan diuraikan. Proses ini dinamakan proses renovasi atau disebut juga proses regenerasi tulang. Saat kita masih muda tubuh kita akan membuat tulang baru lebih cepat, daripada proses merusaknya. 


Berdasarkan penelitian, wanita lebih rentan terkena osteoporosis di usia produktifnya. Hal ini dikarenakan kurangnya kualitas asupan vitamin dan kalsium yang ideal, kurangnya olah raga, masalah hormon esterogen pada wanita, serta jarangnyaperempuan muda menjaga kesehatan tulang.


Osteoporosis tak bisa disembuhkan, osteoporosis hanya bisa dikontrol untuk memperlambat kehilangan massa tulang dan meningkatkan kepadatan tulang untuk mencegah keretakan tulang dan mengurangi  rasa sakit. Manusia memiliki puncak massa tulang di usia 30 tahun, dan setiap proses regenerasi tulang pasti akan terjadi pengurangan massa tulang.


Cegahlah osteoporosis dengan memperbaiki pola makan dengan nutrisi yang seimbang dari unsur protein, kalsium, dan vitamin D. Misalnya sayuran hijau, susu, dan salmon. Selain itu, anda harus rutin melakukan aktivitas yang sehat seperti berjalan kaki atau berlari, terpapar sinar matahari sebelum pukul 9 pagi dan sesudah pukul 3 sore. Tinggalkanlah gaya hidup tak sehat seperti merokok, mengonsumsi garam berlebih, kopi, alkohol, dan mengurangi minuman bersoda agar tulang tetap padat.

No comments:

Post a Comment