Pages

Thursday, October 27, 2011

TUJUAN MEMBEDONG BAYI


Banyak orang mengatakan membedong bayi yang baru lahir itu suatu keharusan, karena agar kelak kakinya lurus dan bagus untuk berjalan, tidak berbentuk huruf “O”. Padahal bukan seperti itu alasan yang benar kenapa kita harus membedong bayi.


Semenjak di dalam kandungan, bayi meringkuk di dalam rahim ibunya, sehingga saat lahir kakinya menjadi agak sedikit menekuk. Namun setelah lahir, lama-kelamaan kaki bayi akan lurus dengan sendirinya lho, meskipun tanpa dibedong. Membedong bayi mempunyai tujuan lain, saya akan jabarkan satu-per satu 


  • Bayi yang baru lahir biasanya sering terkejut, Ibu-ibu pasti pernah melihat bayinya sering kaget jika mendengar bunyi sesuatu. Ini normal, bayi baru lahir memang memiliki refleks kejut saat ia tidur. Nah, membedong bayi akan menenangkannya, seakan-akan ia dipeluk oleh ibunya sehingga tertidur kembali.

  • Membedong juga mencegah terjadinya SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), yaitu kematian mendadak pada bayi saat tidur.

  • Bayi biasanya sangat aktif menggerakkan kaki dan tangannya sehingga sulit tidur, membedongnya akan membantu bayi cepat tidur. 

  • Membedong juga membantu memberikan posisi yang nyaman untuk menyusui, karena bayi lebih tenang.


Nah, itulah manfaat sebenarnya dari membedong bayi, jadi bukan bertujuan meluruskan kaki bayi. Anggapan ibu-ibu selama ini salah,,saya bukan bermaksud menggurui ibu-ibu lhoo, hanya meluruskan sedikit saja. He..he..


Oya bu, jika bayi Anda umurnya sudah bertambah biasanya sudah tidak mau lagi dibedong, karena itu jangan memaksakan untuk dibedong bila bayi merasa sudah tidak nyaman. Biarkan ia bergerak bebas untuk melatih tangan dan kakinya.


No comments:

Post a Comment