Pages

Monday, October 17, 2011

MAKANAN PENGARUHI KECERDASAN

Sejak di dalam kandungan hingga usia 3 tahun, otak bayi mengalami perkembangan sangat cepat. Masa ini disebut periode emas  (Golden Period). Pada golden period nutrisi yang baik diperlukan untuk pertumbuhan otak  dan kecerdasan. Jika ingin anak Anda kelak cerdas, sebaiknya kurangi makanan berlemak, bergula, dan mengandung pengawet pada masa ini.


Penelitian yang dilakukan di University of Bristol menemukan bahwa anak yang pada umur 3 tahun sering mengonsumsi makanan yang diproses memiliki IQ lebih rendah saat usia 8,5 tahun, dibanding anak-anak yang pola makannya sehat. Makanan yang diproses disini maksudnya adalah makanan buatan pabrik, yang umumnya banyak mengandung lemak, bergula, enak, dan mengandung bahan pengawet. Sedangkan makanan dengan pola makan sehat maksudnya adalah sayur, ikan ,daging,dan buah. Para peneliti ini juga menemukan bahwa pola makan di usia 3 tahun lebih berpengaruh terhadap kecerdasan, dibanding pola makan pada usia 4 atau 7 tahun.


Nah, agar anak-anak Anda cerdas, berilah asupan makanan sehat , terutama hingga usia 3 tahun. Hal ini karena banyak orang tua yang karena kesibukannya atau ingin praktis, anak-anak diberikan makanan buatan pabrik atau makanan cepat saji yang sekarang banyak dijual di  restoran atau supermaket.

No comments:

Post a Comment